Senin, 23 Mei 2011

kalau usaha pasti bisa

aku lagi test akhir semester dua nih (╥_╥)
rasanya males belajar kalo inget yg harus dihafal dan dingertiin itu banyak banget
tapi mau gak belajar juga mikir-mikir
gimana nasib IP nanti


flashback jaman SMA aku
yang selalu males-malesan
ngandelin kemampuan temen doang
PR digarap di kelas pagi-pagi
gak peduli dikumpulin pas jam pertama
ulangan lebih sering nyontek daripada mikir


wajar sih
gak muna juga kalo kita butuh nilai dan ngejar nilai
tapi sekarang (╥_╥)
gak lucu banget udah kuliah masih nyontek aja
dan emang di kelas jarang ada yang nyontek
tengsin kan (╥_╥)


yah akhirnya mau nggak mau aku belajar
nyicil belajar seminggu / beberapa hari sebelumnya
usaha keras buat paham
kalo udah mentok dan gakbisa paham juga,
akhirnya aku hafalin
yang penting aku bisa ngerjain dulu
masalah ngerti itu belakangan
abis udah gak ada waktu juga kan mau dibikin paham banget
testnya tinggal itungan hari


mama selalu bilang,
'jangan nyerah dulu. usaha. iblis seneng kalo liat kita nyerah'
mau gak mau aku juga usaha
aku malu kalau nilai aku di bawah temen-temen lain
aku takut IP aku turun
yaaaaaaa banyak yang bilang sih, kuliah itu gak semata-mata cari nilai
tapi kalau gak ada target, mana ada semangat ya kan ?


sejauh ini nilai aku bisa dibilang di atas rata-rata
emang pernah dapet jelek
tapi gak pernah jadi yang terjelek (jangan sampai, amin)
pernah bagus, sempurna
tapi jarang sih :D


TAPI


aku PUAS!
ya gimana deh itu hasil usaha aku sendiri
murni
bukan jawaban orang lain
bukan ngintip kerjaan orang
bukan hasil colak-colek temen
bukan hasil bisik-bisik tetangga
berapapun itu,
itu tetep hasil usaha aku
harus bersyukur kan 


sering sebel kalau ada yang nyontek temen lain
iya sih itu bentuk usaha
gak muna juga aku pernah lakuin itu selama aku idup
tapi...
gak harus ngerugiin orang yang udah belajar juga kan ?
ok disini bukan mau jadi sok suci -_-
tapi yang jadi point penting,
belajar itu gak gampang (╥_╥)
apalagi kalau mendadak amnesia pas test
itu rasanya pengen lompat dari lantai 5 gedung agape (╥_╥)


tapi penghiburannya............
aku dapet sesuatu dari perjuangan ini (ceileeeeh...)
ya,
bener kok kata mama .
'kalau usaha pasti bisa'
kalau usahanya sedikit, ya bisanya sedikit juga
kalau usahanya keras, ya pasti nantinya puas :)


aku udah buktiin juga, bukan sekedar teori
walaupun hasilnya belum bisa dibilang maksimal....
(ya karena usahanya juga masih 70%) 
tapi aku ngerasa bangga sama diri sendiri
setidaknya aku bisa lepas dari budaya nyontek jaman SMA
setidaknya sekarang udah mulai mau belajar keras
bukan sistem kebut semalam
tapi jauh-jauh hari


kapasitas otak emang gak bisa dilawan sih 
kalau mampunya cuma segini ya sudah :)
yang penting udah usaha kan ?


cuma bisa doa setiap malem,
biar dikasih indeks A sama Tuhan
atau paling jelek B- deh 


Tuhan udah tau usaha aku kaaaaaan 
aku yakin Tuhan akan kasih harga yang pantas (y)


jangan berhenti berusaha selama kita bisa, 
karena masa depan ini kita yang tentuin sendiri


ujung jalan ini bukan semata-mata takdir
tapi juga perjuangan 

0 komentar:

Posting Komentar